­

Drag and Drop in Macromedia Flash 8

Sunday, November 13, 2011

Yaaa ceritanya sekarang mau bikin game2an judulnya drag en drop. Nah kali inimah bikin drag en drop bangun datar kayak segitiga, persegi de el el yang gampang aja dulu deh. kenapa dibilang game2an ? yakarna ini game dasarnya doing pake action script yg emang simple banget bias dikembangin segimana kreatifitas kalian aja okeeh. Cekidot ..
1. Pertama buka dulu Macromedia flash.nya terus bikin new flash document. Tau kan caranya? *tau dong* iyaa pinteeer!
2. Abis itu bikin 3 layer. 1 buat layer background, atu buat layer objek drag.nya, terus atu lagi buat targetnya
    3. Di layer background bikin 2 persegi pake rectangle tool.  sampe kayak gini :  
    4.  Eniweii, sesudah itu kamu bikin objek nya yg mau di di drag misalnya persegi. Jangan lupa bikinnya di  layer “objek drag”. Jangan lupa juga kasih text dipinggir objeknya, tapi bikin textnya delayer background yah biar ga ribet nantinya.

    5. Sekarang tentuin mana objek yg mau di dragnya nanti. Bebaslah mau yg mana juga. Kalo udah ditentuin, kita convert to symbol dulu ke movie clip tekan F8 di keyboard ntar muncul deh .
      

    Ditutorial ini biar gampang gue pilih objek dragnya si bangun datarnya ajadeh biar cepet juga gituuh .. Jadi semua bangun datarnya di convert ke movie clip. Nah abis itu di convert to symbol lagi ke button.
      
    6.       Kalo semua objeknya udah di convert to symbol, ganti instance namenya sesuai nama bangun datar ituuh.
      
    7.       Sekarang tinggal target-nya deh convert to symbol juga ke movie clip. Targetnya itu yg jadi tempat si bangun datarnya.
    8.       Di klik dua kali yah targetnya terus pencet deh F8 convert ke movie clip – kasih nama “target_persegi”
    Kalo udah di convert to symbol, pindahin aja targetnya ke layer “target” tinggal di copy (ctrl+c) terus paste in place (ctrl+shift+v) di frame 1 layer “target”.
    Ini sama yah yg lainnya juga di convert sesuai targetnya masing2 ..
    9.       Sekarang tinggal masukin action scriptnya deh. Klik di objek dragnya. Misal di segitiga, trus klik 2 kali, nah di buttonnya baru deh kasih action inih:

    Action ini dimasukin ke setiap objek dragnya, tinggal ganti aja ==”/target_persegi” nya sesuai nama targetnya.
    10.   Terahir bikin input text buat tau apakah jawabannya bener ataukah salaah? Entahlaah .. #loh?
    Klik text tool – Pilih input text – Ganti instance namenya : answer_field – Ganti var: answer1
    11.   Oiyah jangan lupa kasih perintah gamenya yah. Contohnya: “Drag Object to the correct place !”
    Teruus teruuus .. Tinggal di ctrl+enter aja biar tau hasilnya . Sekian ~

    You Might Also Like

    0 komentar

    Labels

    Followers